Kenali Kondisi Tubuh Ketika Tanda-Tanda akan Melahirkan Datang

Setiap ibu hamil tentu menyadari pentingnya persiapan yang harus dilakukan sebelum proses melahirkan berlangsung. Selain persiapan secara materi, tubuh Anda juga telah mempersiapkan diri dengan berbagai perubahan alami yang terjadi ketika tanda-tanda akan melahirkan datang. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

  1. Terbukanya Leher Rahim

Seiring dekatnya waktu melahirkan, maka leher rahim yang menjadi jalan utama keluarnya bayi akan semakin terbuka. Terbuka di sini berarti menjadi lebih lebar dari ukuran serviks pada umumnya. Namun begitu tidak semua orang mengalami hal tersebut, jadi lebih baik Anda meminta dokter atau bidan untuk mengukur pelebaran dan atau penipisan melalui tes internal.

  • Nyeri Punggung dan Kram Perut

Nyeri punggung yang Anda alami akan semakin parah ketika mendekati proses persalinan. Hal ini disebabkan karena  kekakuan sendi panggul selama produksi hormon yang berfungsi untuk melenturkan ligament atau jaringan antar sendi terjadi. Proses ini mengakibatkan pergerakan antar sendi menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan kekakuan sendi.

Nyeri punggung yang Anda alami akan semakin parah ketika mendekati proses persalinan. Hal ini disebabkan karena  kekakuan sendi panggul selama produksi hormon yang berfungsi untuk melenturkan ligament atau jaringan antar sendi terjadi. Proses ini mengakibatkan pergerakan antar sendi menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan kekakuan sendi.

Sedangkan kram pada area perut disebabkan oleh perubahan posisi rahim ketika proses melahirkan semakin dekat. Perubahan bayi yang lebih mengarah ke arah bawah rahim bisa menimbulkan kontraksi yang memicu kram pada perut Anda. Rasa sakit ini bisa hilang dan timbul seiring dengan pergerakan bayi di dalam rahim.

Untuk mencegah nyeri pada perut ini Anda sebaiknya minum air putih yang cukup untuk menghindari terjadinya kontraksi palsu. Jika hal ini terjadi maka Anda harus berbaring untuk meredakan nyeri yang melanda. Jika kram terdapat di sisi kanan perut maka Anda sebaiknya berbaring ke arah kiri dan sebaliknya. Sebaiknya posisikan kaki Anda lebih tinggi dari kepala.

  • Sendi Lebih Lentur

Selain persiapan yang dilakukan dari luar seperti peralatan mehairkan dan juga rumah sakit terpercaya, tubuh Anda pun secara otomatis akan mempersiapkan diri. Selain keadaan leher rahim yang terus berubah, tanda-tanda akan melahirkan lainnya adalah sendi pada tubuh Anda pun akan menjadi lebih lentur.

Lenturnya ligamen disebabkan oleh produksi hormon relaksin. Hormon ini juga membantu membuka area pelvis untuk memudahkan bayi Anda keluar degan selamat. Namun begitu efek samping dari melenturnya ligamen ini maka punggung Anda akan terasa nyeri karena pergerakan sendi yang tidak stabil selama proses berlangsung.

  • Tubuh Labih Ringan

Bagi sebagian orang, menjelang proses melahirkan justru membuat badan semakin ringan. Hal ini disebabkan karena kepala bayi sudah cenderung menuju area bawah sehingga meringankan tekanan pada area diafragma sehingga Anda lebih mudah bernafas. Namun perubahan ini akan menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil.  

Mengandung merupakan suatu anugerah terbesar yang diberikan oleh Tuhan kepada wanita. Bagaimana nantinya rahim yang tidak seberapa besar tersebut bisa menghasikan makhluk hidup kecil yang akan menjadi meneruskan perjuangan sang orang tua kelak. Demikian kondisi tubuh pada saat tanda-tanda akan melahirkan sudah mulai nampak.